Kunai - Naruto 3

Sabtu, 07 Juli 2012

Sejarah new argo jati


Kereta Api New Argo Jati adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta Gambir (GMR) dari dan ke stasiun Cirebon.[1][2]
Kereta ini diluncurkan perdana pada tanggal 3 November 2010 sebagai pengganti rangkaian kereta api Argo Jati.[1] Rangkaian kereta yang digunakan kereta api New Argo Jati adalah bekas rangkaian kereta api Argo Jati yang dihapus pengoperasiannya. Kereta api New Argo Jati berangkat dari stasiun Kejaksan dan hanya berhenti di Stasiun JatibarangStasiun Jatinegara dan mengakhiri perjalanannya diStasiun Gambir.[1]

Peluncuran

Peluncuran perdana kereta api Argo Jati dilaksanakan pada tanggal 3 November 2010 sebagai pengganti rangkaian kereta api Argo Jatiyang merupakan hasil improvisasi/peningkatan dari kereta api Cirebon Ekspress yang diresmikan tanggal 13 Mei 2005, sebagai cikal bakal kereta api Argo Jati dan New Argo Jati.[1] Animo masyarakat kota Cirebon dan sekitarnya terhadap layanan kereta api kelas eksekutif yang semakin meningkat, sehingga PT. Kereta Api Indonesia (persero) berupaya meningkatkan layanan kelas eksekutif argo dengan jurusan Jakarta Gambir (GMR) dari dan ke stasiun Cirebon. Dengan pola operasi 2 kali PP diawali pemberangkatan awal dari Cirebon di pagi hari kembali dan berangkat lagi ke Jakarta pada siang harinya. Rangkaian kereta api New Argo Jati terdiri dari 6 kereta kelas eksekutif (seperti) pesawat (K1), 1 kereta makan/restorasi (seperti) pesawat (KM), dan 1 Kereta Pembangkit (MP).

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh kereta New Argo Jati ini sangat memanjakan penumpang. Masing-masing kereta dilengkapi dengan informasi petunjuk urutan kereta secara digital. Terdapat pula running text, yang dapat mengetahui kecepatan laju kereta, Stasiun serta tanda waktu. Disediakan bagasi barang yang tertutup layaknya di pesawat terbang. Dan juga ruang bagasi yang luas di ujung kereta guna menyimpan barang-barang yang lebih besar.
New design Cabin yang memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang. Dilengkapi TVAir ConditonerReclining Seat, Stop Kontak, Bagasi yang Aman, Toilet yang bersih serta pelayanan restorasi dengan menggunakan Kereta Makan yang memberikan nuansa khusus dalam perjalanan Cirebon-Jakarta.[2]
Mata penumpang pun dimanjakan oleh tayangan audio video dan TV flat dengan gambar serta suara lebih jernih. Di masing-masing kursi penumpang yang nyaman sesuai ergonomis dan dapat diputar, pada bagian atasnya terdapat lampu baca dan penerangan yang dapat diatur oleh penumpang. Sumber listrik untuk mengisi ulang baterai laptop atau pun handphone juga ada. Jendela penumpang dimodifikasi minimalis dilengkapi dengan tirai tarik, sehingga penumpang merasa lebih terjaga privasinya. Bagi penumpang yang ingin merokok, telah disediakan ruangan khusus di kereta restorasi. Namun, di bordes pun bisa digunakan untuk merokok dan disana telah disediakan kursi kecil sebagai tempat duduk. Toilet yang tersedia di kereta ini pun tidak kalah nyamannya dengan ruang yang lebih luas. Dan yang paling menarik di rangkaian kereta ini, yaitu adanya fasilitas jaringan wifi yang berada di kereta makan. Yang memungkinkan penumpang untuk mengakses internet selama perjalanan.

Jadwal

Jadwal New Argo Jati - KA 15 - (Cirebon - Gambir)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Cirebon-05.45
JatibarangLs06.16
Jatinegara08.2208.24
Gambir08.34-
Jadwal New Argo Jati - KA 16 - (Gambir - Cirebon)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Gambir-09.00
JatinegaraLs09.09
JatibarangLs11.18
Cirebon11.49-
Jadwal New Argo Jati - KA 17 - (Cirebon - Gambir)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Cirebon-14.00
Jatibarang14.3214.34
Jatinegara16.4316.45
Gambir16.55-
Jadwal New Argo Jati - KA 18 - (Gambir - Cirebon)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Gambir-17.15
JatinegaraLs17.24
Jatibarang19.3519.37
Cirebon20.09-
untuk tiket: untuk weeksday sekitar 130.000
                  untuk weeksend sekitar 145.000

sepenggal sejarah pakuan express

KRL ini sebenarnya sudah ada diera 1980'an dan menggunakan KL2 861xx / KL2 871xx (Sekarang KL3 861xx / KL3 871xx) seri KRL Rheostatik berbahan baja anti karat.Ditahun 1994, KRL AC Pakuan utama diluncurkan sebagai brand Perumka (Kini PT.Kereta Api Pesero ), dan awalnya KRL AC tersebut untuk KRL KLB Presiden Soeharto untuk meresmikan jalan layang.Pada tahun berikutnya set KL2 941xx (Seri BN-Holec) digunakan untuk KRL Pakuan bisnis, lalu ditahun 2000 KRL Pakuan AC menggunakan seri KRL Hibah seri 6000 eks Toei, lalu disusul seri 103 Eks Japan Railway (JR East) jalur Munashino, seri 8000 dan 8500 eks Tokyu Corporation, seri 5000, 7000, 05 eks Tokyo Metro (dulunya Teito Rapid Transit Authority), seri 1000 eks Toyo Rapid. KRL ini melakuan perjalanan terakhirnya di akhir bulan Juni 2011 menggunakan seri 8500 untuk KRL Pakuan Ekspres AC terakhir.
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ANDA PUAS